SELAMAT DATANG DI BLOGNYA HERBAL TEMPAT BERBAGI INFORMASI SEPUTAR MANFAAT DAN KHASIAT TANAMAN HERBAL DISEKITAR KITA

Jumat, 06 Juli 2018

Berbagai Manfaat Tanaman Sirih Merah Bagi Kesehatan

Siapa yang tak mengenal dengan tanaman jenis ini yang memiliki nama latin dan ilmiah Piper Crocatum. Tanaman sirih ini sudah lama dipergunakan bangsa kita khususnya nenek moyang kita dalam kehidupan sehari harinya seperti dalam upacara adat ataupun untuk tujuan pengobatan.
Namun pada zaman sekarang ini tanaman cantik yang memiliki bentuk dan warna yang cukup menarik ini sering dijadikan tanaman penghias halaman rumah. Padahal tanaman sirih merah ini bisa dijadikan salah satu bahan alternatif pengobatan yang efektif dan aman, dikarnakan didalam tumbuhan ini banyak terdapat yang namanya minyak atsiri yang kaya akan kandungan betiephenol, pati, gula, zat antioksidan tinggi, zat samak, dan banyak zat penting lainnya.
Oleh karna itu dengan banyaknya kandungan alaminya tak perlu diragukan lagi akan khasiat dan manfaat daun sirih merah untuk kesehatan tubuh manusia. Dan dibawah ini adalah beberapa penyakit ringan yang bisa diatasi hanya dengan menggunakan tanaman obat sirih merah.

  1. Mengatasi gangguan keputihan sekaligus Menjaga kesehatan organ kewanitaan
    Bukan rahasia umum lagi jika daun sirih ini merupakan salah satu tanaman yang paling dikenal oleh wanita dikarnakan kegunaannya dan sifat antiseptik yang begitu penting dalam merawat dan menjaga kebersihan organ kewanitaannya. Cara pemakaian daun sirih merah ini sangatlah mudah yakni rebuslah daun sirih merah sebanyak 7 lembar setelah itu tiriskan dan setelah dingin maka pergunakanlah air hasil rebusan daun sirih tadi untuk membilas daerah organ kewanitaannya secara rutin.
  2. Pertolongan Pertama Untuk Luka Bakar
    Dalam mengatasi kondisi luka bakar, inilah caranya yakni ambil segenggam daun sirih merah kemudian cuci daun tersebut hingga bersih. Setelah remas remas daun sirih merah dan beri campuran madu secukupnya lalu tempelkan remasan daun sirih yang sudah diperas tadi pada daerah tubuh yang mengalami luka bakar tersebut.
  3. Obat alami penyakit Maag
    Khasiat yang ketiga yakni mampu dan bisa mengatasi gangguan penyakit maag. Dan adapun salah satu cara untuk mengobatinya yakni, ambillah beberapa pucuk/lembar daun sirih merah lalu kemudian di cuci bersih. Setelah itu haluskan dengan cara ditumbuk atau digiling. Setelah halus lalu campurkan dengan sedikit air panas dan hasilnya bisa anda tempelkan pada bagian perut yang terasa sakit.
  4. Sirih Merah Bisa Untuk Mencegah gusi berdarah
    Anda sering merasakan gusi mengeluarkan darah ? kini tak perlu khawatir lagi dikarnakan dengan menggunakan air rebusan daun sirih mampu diatasi dengan cepat. Caranya yakni seduhlah 4 lembar daun sirih merah dengan setidaknya 2 gelas air mendidih dan biarkan sejenak dan pergunakanlah air seduhan tersebut untuk berkumur.
  5. Ramuan tradisional untuk mencegah bau mulut
    Ambil setidaknya 5 lembar daun sirih merah lalu remas remas daun tersebut dan kemudian seduh remasan daun tersebut dengan air mendidih lalu saring . Pergunakan air rebusan tersebut secara rutin untuk berkumur.
  6. Sirih Merah untuk mengobati batuk
    Jika anda mengalami batuk cobalah untuk memanfaatkan tanaman obat dipekarangan anda atau disekitar anda salah satunya yakni daun sirih merah. Obat tradisional untuk batuk dari daun sirih merah ini bisa dibuat dengan cara merebus 15 lembar daun sirih yang dicampurkan dengan 3 gelas air. Tunggu hingga air rebusan berkurang menjadi 1,5 gelas. Setelah itu angkat dan campurkan air rebusan tadi dengan sedikit madu murni pada saat anda ingin meminumnya.
Ternyata banyak sekali manfaatnya daun sirih merah bagi kesehatan manusia, untuk itu tak ada salahnya bagi kita untuk selalu menjaga dan menanam tanaman obat dipekarangan kita sehingga bisa kita manfaatkan dalam kehidupan sehari hari kita.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar